Materi dan pembelajaran IPA SD

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

Mata Kuliah                            : Materi Dan Pembelajaran IPA SD

Semester                                  : IX (Sembilan)

SKS                                         : 3 SKS

Deskrisi singkat mata kuliah   : Matakuliah ini  menyajikan materi yang mencakup tentang Pendidikan Kehidupan Keluarga, Fluida, Adaptasi dan Evolusi, Penurunan Sifat, Pengenalan Senyawa organik dan Biokimia, Pengantar Bioteknologi, Dasar-dasar Elektronika, Model-model Pembelajaran IPA, dan Kecenderungan dalam Pembelajaran.

Kompetensi umum                  :  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu : menjelaskan anatomi dan anatomi dan fisiologi reproduksi manusia dan pendidikan keluarga sejahtera dan bahagia, menganalisisis sifat-sifat fluida statik dan fluida dinamik dengan menggunakan  mekanika partikel, menjelaskan tentang adaptasi dan evolusi, menjelaskan tentang penurunan sifat dan teori evolusi, menjelaskan sifat-sifat dan beberapa reaksi kimia senyawa organik dan biokimia, menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan, masa depan, dampak bioteknologi,serta aplikasinya dalam kehidupan manusia, menjelaskan peran komponen elektronika dalam komunikasi, menggunakan pendekatan konstruktivitas yang diterapkan pada pembelajaran IPA melalui model-model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, menguraikan kecendrungan dalam pembelajaran IPA

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model, Tutorial

Waktu

Daftar pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.2.3.4.

5.

6

7.

8.

9.

 

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan:

  1. Struktur dan fungsi system reproduksi laki-laki.
  2. Struktur dan fungsi system reproduksi wanita.
  3. Siklus menstruasi
  4. Penyimpangan-penyimpangan perilaku seksual
  5. Macam-macam penyakit seksual
  6. Kembali tujuan keluarga berencana
  7. Cara-cara pencapaian keluarga bahagia sejahtera
  8. Peranan kontrasepsi terhadap keluarga berencana
  9. Proses sosialisasi keluarga kecil bahagia sejahtera

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian fluida statis
  2. Menjelaskan tekanan dalam suatu fluida
  3. Menjelaskan prinsip pascal
  4. Menjelaskan prinsip archimedes
  5. Memberikan contoh pemahaman prinsip pascal dan prinsip archimedes dalam kehidupan sehari-hari
  6. Menjelaskan tegangan permukaan pada  zat cair
  7. Menjelaskan kapilaritas pada zat cair
  8. Menyelesaikan soal hitungan tentang fluida statis
  9. Membedakan fluida statis dan fluida dinamis
  10. Menjelaskan ciri-ciri dari suatu aliran fluida
  11. Menjelaskan aliran garis arus pada fluida
  12. Menjelaskan persaman kontinuitas
  13. Menjelaskan makna hukum bernouli
  14. Memberikan contoh penggunaan hukum bernouli dan kontinuitas dalam kehidupan sehari-hari.
  15. Menyelesaikan soal hitungan yang berhubungan dengan fluida dinamik.

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian adaptasi.
  2. Membedakan jenis-jenis adaptasi.
  3. Memberikan contoh adaptasi.
  4. Membandingkan teori evolusi Lamarck dan Darwin.
  5. Menjelaskan bukti-bukti adanya evolusi.
  6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi.
  7. Menjelaskan hubungan antara adaptasi dan evolusi.

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

1. Menjelaskan pengertian kromosom

  1. 2. Menjelaskan pengertian gen.
  2. 3. Menjelaskan pengertian ADN

4. Menjelaskan hubungan antara kromosom, gen, AND, dalam kaitannya dengan penurunansifat.

5. Menjelaskan prinsip mendel dan penyimpangan semu.

6. Mengerjakan latihan penyilangan berdasarkan prinsip Mendel.

7. Menjelaskan penyimpangan hukum Mendel.

8. Memberi contoh sifat-sifat yang diturunkan

9. Memberikan contoh penerapan teori genetika dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.  Menjelaskan karakteristik senyawa karbon

2.  Menjelaskan klassifikasi senyawa organik

3.  Menjelaskan tata nama senyawa organik

4. Menjelaskan pengertian  isomerasi suatu senyawa organik

5. Menjelaskan cara mengenalkan senyawa organik bagi siswa sd

6.  Menjabarkan struktur senyawa organik

7.  Menjelaskan senyawa kimia yang terjadi pada penghancuran lemak

8.  Menjelaska macam-macam asam amino yang penting bagi nutrisi

9.  Menjelaskan peran enzim bagi tubuh dan fungsinya

10. Menjelaskan cara mengenalkan biokimia dan organisma hidup bagi siswa SD

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian bioteknologi

2. Menjelaskan perkembangan dan prospek bioteknologi

3. Menjelaskan perbedaan bioteknologi tradisional dengan bioteknologi modern

4. Menjelaskan perbedaan era bioteknologi nonmikrobiol dengan era bioteknologi mikrobiol

5. Menjelaskan keunggulan bioteknologi

6. Menjelaskan dampak negative kemajuan bioteknologi

7. Menjelaskan teknik dasar rekayasa genetic

8. Menjelaskan penerapan bioteknplogi tradisional dalam pembuatan makanan

9. Menjelaskan penerapan bioteknologi modern dalam industri makanan dan minuman

10. Menjelaskan penerapan bio teknologi dalam bidang pertanian dan perternakan

11. Menjelaskan  penerapan bio teknologi dalam kesehatan

12. Menjelaskan penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dan lingkungan hidup

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menggolongkan gelombang elektromagnetik berdasarkan perbedaan frekuensinya

2. Menjelaskan prinsip radio pemancar

3. Menjelaskan prinsip radio penerima

4. Menyebutkan contoh komponen pasif dan komponen aktif

5. Menjelaskan hal-hal tentang resistor dan kapasitor

6. Menjelaskan prinsip susunan seri dan paralel resistor

7. Menjelaskan makna bahan semikonduktor

8. Menyebutkan keuntungan menggunakan transistor

9. Menjelaskan prinsip kerja piranti dasar elektronika

10.Menjelaskan beberapa rangkaian elektronika

11.Menjelaskan prinsip pembuaatan IC

12. Menjelaskan makna dari IC.

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjabarkan definisi mengajar menurut pandangan konstruktivis
  2. Menjelaskan peran guru dalam pembelajaran ipa menurut pandangan konstruktivisme
  3. Menjelaskan pengertian model pembelajaran
  4. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasanmodel pembelajaran interaktif
  5. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  6. Menjelaskan pengertian model pembelajaran terpadu
  7. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasan model pembelajaran terpadu
  8. Menerapkan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran IPA
  9. Menjelaskan pengertian model pembelajaran siklus belajar
  10. Menerapkan model pembelajaran siklus belajar dalam pembelajaran IPA
  11. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  12. Menerapkan model pembelajaran clis dalam pembelajaran IPA .

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan cara kerja ilmuwan
  2. Mengumpulkan fakta yang relevan
  3. Membedakan observasi dan inferensi
  4. Memberi (membuat) rumusan masalah
  5. Melaporkan hasil kegiatan secara sistimatis
  6. Merancang kegiatan untuk menguji dugaan
  7. Menyimpulkan berdasarkan pola atau keteraturan
  8. Membedakan prediksi atau keteraturan
  9. Menjelaskan karakteristik pendekatan STM
  10. Menerapkan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa
  11. Membandingkan stm dan SETS
  12. Memberi contoh rancangan pembelajaran SETS.

 

Pendidikan Kehidupan Keluarga   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fluida

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adaptasi dan Evolusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penurunan Sifat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengenalan senyawa organik dan Biokimia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dasar-dasar Bioteknologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peranan Komponen Elektronika Dalam komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Model-model pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Model-model pembelajaran IPA dan kecendrungan dalam pembelajaran IPA

 

 

 

 

  1. Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia.
  2. Pendidikan Kehidupan sejahtera dan bahagia

1. Fluida statis

2. Fluida Dinamika.

1. Adaptasi.

2. Evolusi

1. Pengenalan tentang materi genetika.

2. Penurunan Sifat.

1. Senyawa organik.

2. Biokimia dalam organisme hidup.

1. Perkembangan, masa depan,dan dampak kemajaun bioteknologi.

2. Penerapan bioteknologi

1 .Radio.

2. Komponen dasar elektronika.

1. Konstruktivisme dalam pembelajaran IPA.

2. Model Pembelajaran.

1. Bekerja ilmiah dalam IPA.

2. Pendekatan pembelajaran sains (IPA) teknologi dan masyarakat/lingkungan (STM).

 

PATUT IPATUT IPATUT IPATUT I

PATUT I

PATUT I

PATUT I

 

120 Menit60 Menit60 Menit120 Menit

60 Menit

120 Menit

60 Menit

60 Menit

60 Menit

 

Sutarno, Nono, Dkk. Materi Dan Pembelajaran IPA SD2009. Jakarta. UT. 1234

5

6

7

8

8

 

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah                  : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd

Kompetensi Umum      : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi reproduksi manusia dan pendidikan keluarga  sejahtera dan bahagia

Kompetensi Khusus     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan:

  1. Struktur dan fungsi system reproduksi laki-laki.
  2. Struktur dan fungsi system reproduksi wanita.
  3. Siklus menstruasi
  4. Penyimpangan-penyimpangan perilaku seksual
  5. Macam-macam penyakit seksual
  6. Kembali tujuan keluarga berencana
  7. Cara-cara pencapaian keluarga bahagia sejahtera
  8. Peranan kontrasepsi terhadap keluarga berencana
  9. Proses sosialisasi keluarga kecil bahagia sejahtera

Pokok Bahasan                        : Pendidikan Kehidupan Keluarga

Subpokok Bahasan      : 1. Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia.

2. Pendidikan Kehidupan sejahtera dan bahagia

Model Tutorial             : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Orientasi tentang matakuliah yang meliputi materi dan kegiatan tutorial, tugas-tugas dan penilaian.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya.

 

  1. Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan tutor
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 1
  3. Diskusi kelompok
  4. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
  2. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
  3. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
    1. Mahasiswa menyimpulkan materi
    2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertama
    3. Mencatat tugas yang diberikan.
    20 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

 

Mata Kuliah                 : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum      : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang Fluida

Kompetensi Khusus     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.menjelaskan pengertian fluida statis

2.menjelaskan tentang besar tekanan didalam suatu fluida

3.menjelaskan prinsip Pascal

4.menjelaskan prinsip Archimedes

5. memmberikan contoh pemanfaatan prinsip Pascal dan Archimedes dalam kehidupan sehari-hari

6. menjelaskan tegangan permukaan pada zat cair

7.menjelaskan kapilaritas pada zat cair

8.menyelesaikan soal hitungan tentang fluida statis

9.membedakan fluida statis dan fluida dinamis

10. menjelaskan ciri-ciri dari suatu aliran fluida

11.memberikan contoh penggunaan hukum Bernouli dan kontinuitas dalam kehidupan sehari-hari.

Pokok Bahasan                        : Fluida

Sub pokok Bahasan     : 1. fluida statis

2. Fluida Dinamika.

Model Tutorial             : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Membahas tugas pada pertemuan pertama.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya.

 

  1. Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan tutor
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 2
  3. Diskusi kelompok
  4. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
    1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
    2. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
      1. Mahasiswa menyimpulkan materi
      2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertama
      3. Mencatat tugas yang diberikan.
20 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah               : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor                : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang adaptasi dan evolusi

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian adaptasi.
  2. Membedakan jenis-jenis adaptasi.
  3. Memberikan contoh adaptasi.
  4. Membandingkan teori evolusi Lamarck dan Darwin.
  5. Menjelaskan bukti-bukti adanya evolusi.
  6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi.
  7. Menjelaskan hubungan antara adaptasi dan evolusi.

Pokok Bahasan           : Adaptasi dan Evolusi

Subpokok Bahasan     :  1. Adaptasi.

2. Evolusi.

Model Tutorial                       : PAT-UT. 1

 

 

 

 

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan kedua.
  2. Menjawab pertanyaan mahasiswa

 

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak penjelasan tutor dan mencatat konsep-konsep esensial

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 3
  1. Diskusi kelompok
  2. Tanya jawab hasil diskusi
  3. Mendengarkan penjelasan tutor
  4. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
  5. Diskusi kelompok
  6. Tanya jawab hasil diskusi

40 menit

3 Penutup 1.Meminta mahasiwa menyimpulkan materi2.Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa3.Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya Mahasiswa menyimpulkan materiBersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertamaMencatat tugas yang diberikan. 10 menit
4 Kegiatan Tes Tes Pertama (Pendidikan Kehidupan Keluarga dan Fluida) Mengerjakan soal-soal tes pertama 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah               : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor                : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan  tentang penurunan sifat pada mahluk hidup.

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

5.1.Menjelaskan pengertian kromosom

5.2.Menjelaskan pengertian gen.

5.3.Menjelaskan pengertian ADN

5.4.Menjelaskan hubungan antara kromosom, gen, AND, dalam kaitannya dengan penurunansifat.

5.5.Menjelaskan prinsip mendel dan penyimpangan semu.

5.6.Mengerjakan latihan penyilangan berdasarkan prinsip Mendel.

5.7.Menjelaskan penyimpangan hukum Mendel.

5.8.Memberi contoh sifat-sifat yang diturunkan

5.9.memberikan contoh penerapan teori genetika dalam kehidupan sehari-hari

Pokok Bahasan           : Penurunan Sifat

Subpokok Bahasan     : 1. Pengenalan tentang materi genetika.

2. Penurunan Sifat

Model Tutorial                       : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan ketiga.
  2. Menjawab pertanyaan mahasiswa

 

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

20 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 4
  1. Diskusi kelompok
  2. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
  2. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
  3. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
    1. Mahasiswa menyimpulkan materi
    2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi
    3. Mencatat tugas yang diberikan.
10 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum   : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan  tentang Pengenalan Senyawa

Organik dan Biokimia

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.  menjelaskan karakteristik senyawa karbon

2.  menjelaskan klassifikasi senyawa organik

3.  menjelaskan tata nama senyawa organik

4. menjelaskan pengertian  isomerasi suatu senyawa organik

5. menjelaskan cara mengenalkan senyawa organik bagi siswa SD

6.  menjabarkan struktur senyawa organik

7.  menjelaskan senyawa kimia yang terjadi pada penghancuran lemak

8.  menjelaska macam-macam asam amino yang penting bagi nutrisi

9.  menjelaskan peran enzim bagi tubuh dan fungsinya

10. menjelaskan cara mengenalkan biokimia dan organisma hidup bagi siswa SD

Pokok Bahasan             : Pengenalan Senyawa  Organik dan Biokimia

Subpokok Bahasan       : 1. Senyawa organik.

2. Biokimia dalam organisme hidup.

.

Model Tutorial                        : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan keempat

Menjawab pertanyaan mahasiswa

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 53. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi

  1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

4 Kegiatan Tes Tes kedua Melaksanakan soal-soal tes kedua 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum   : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan, masa depan,   dampak bioteknologi,serta aplikasinya dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian bioteknologi

2. Menjelaskan perkembangan dan prospek bioteknologi

3. Menjelaskan perbedaan bioteknologi tradisional dengan bioteknologi modern

4. Menjelaskan perbedaan era bioteknologi nonmikrobiol dengan era bioteknologi mikrobiol

5. Menjelaskan keunggulan bioteknologi

6. Menjelaskan dampak negative kemajuan bioteknologi

7. Menjelaskan teknik dasar rekayasa genetic

8. Menjelaskan penerapan bioteknplogi tradisional dalam pembuatan makanan

9. Menjelaskan penerapan bioteknologi modern dalam industri makanan dan minuman

10. Menjelaskan penerapan bio teknologi dalam bidang pertanian dan perternakan

11. Menjelaskan  penerapan bio teknologi dalam kesehatan

12. Menjelaskan penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dan lingkungan hidup

Pokok Bahasan           : Dasar-dasar Bioteknologi

Subpokok Bahasan     : 1. Perkembangan, masa depan,dan dampak kemajaun bioteknologi.

2. Penerapan bioteknologi.

Model Tutorial                          : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan kelima.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 63. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi4. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah                : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan peran komponen elektronika dalam komunikasi.

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menggolongkan gelombang elektromagnetik berdasarkan perbedaan frekuensinya

2. Menjelaskan prinsip radio pemancar

3. Menjelaskan prinsip radio penerima

4. Menyebutkan contoh komponen pasif dan komponen aktif

5. Menjelaskan hal-hal tentang resistor dan kapasitor

6. Menjelaskan prinsip susunan seri dan paralel resistor

7. Menjelaskan makna bahan semikonduktor

8. Menyebutkan keuntungan menggunakan transistor

9. Menjelaskan prinsip kerja piranti dasar elektronika

10.Menjelaskan beberapa rangkaian elektronika

11.Menjelaskan prinsip pembuaatan IC

12. Menjelaskan makna dari IC.

Pokok Bahasan           : Peranan Komponen Elektronika Dalam komunikasi

Subpokok Bahasan     : 1 .Radio.

2. Komponen dasar elektronika.

Model Tutorial                        : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan keempat.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 73. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi

  1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

4 Kegiatan Tes Tes ketiga Melaksanakan soal-soal tes kedua 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan pendekatan konstruktivitas yang diterapkan pada pembelajaran IPA melalui model-model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, menguraikan kecendrungan dalam pembelajaran IPA.

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjabarkan definisi mengajar menurut pandangan konstruktivis
  2. Menjelaskan peran guru dalam pembelajaran ipa menurut pandangan konstruktivisme
  3. Menjelaskan pengertian model pembelajaran
  4. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasanmodel pembelajaran interaktif
  5. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  6. Menjelaskan pengertian model pembelajaran terpadu
  7. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasan model pembelajaran terpadu
  8. Menerapkan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran IPA
  9. Menjelaskan pengertian model pembelajaran siklus belajar
  10. Menerapkan model pembelajaran siklus belajar dalam pembelajaran IPA
  11. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  12. Menerapkan model pembelajaran clis dalam pembelajaran IPA
  13. Menjelaskan cara kerja ilmuwan
  14. Mengumpulkan fakta yang relevan
  15. Membedakan observasi dan inferensi
  16. Memberi (membuat) rumusan masalah
  17. Melaporkan hasil kegiatan secara sistimatis
  18. Merancang kegiatan untuk menguji dugaan
  19. Menyimpulkan berdasarkan pola atau keteraturan
  20. Membedakan prediksi atau keteraturan
  21. Menjelaskan karakteristik pendekatan STM
  22. Menerapkan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa
  23. Membandingkan stm dan SETS.
  24. Memberi contoh rancangan pembelajaran SETS.

Pokok Bahasan           : Model-model pembelajaran IPA dan kecendrungan dalam pembelajaran IPA.

Subpokok Bahasan     :

  1. Konstruktivisme dalam pembelajaran IPA
  2. model pembelajaran.
  3. Bekerja ilmiah dalam IPA.
  4. Pendekatan pembelajaran Sains (IPA) Teknologi dan Masyarakat/lingkungan (STM).

Model Tutorial                          : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan ketujuh.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
    1. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 8 dan 93. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi4. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

Catatan Pertemuan Tutorial

 

 

Kode Matakuliah      : PDGK 4403                                                                                      Semester                      : IX (Sembilan)

Judul Matakuliah      : Materi dan Pembelajaran IPA SD                                                    Lokasi                         : Lais

Tutor                         : Emilia Contesa, S.Pd.                                                                        Kode Kelas                : A, B dan C

RAT-SAT

Tanggal

Catatan Kegiatan

Untuk ditindaklanjuti

Paraf

Perte-muan ke

Materi

Tutor

Penanggug jawab Pokjar

1

Pendidikan kehidupan berkeluarga 23 Oktober 2010 Mahasiswa menyimak, bertanya, dan pada akhir pertemuan mahasiswa ditugaskan mengerjakan latihan pada modul I. Mahasiswa mengerjakan latihan dan membaca modul 2.

2

Fluida Adaptasi dan Evolusi. 23 Oktober 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan. Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakuakan persiapan  tes I

3

Tes tutorial I. Dilanjutkan materi Adaptasi dan Evolusi 30 Oktober 2010 Tes tutorial 60 menit dilanjutkan membahas materi Adaptasi dan Evolusi . Mahasiswa mempelajari modul 4

4

Penurunan sifat. 31 Oktober 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakuakan persiapan  tes II

5

Tes tutorial II Dilanjutkan materi Pengenalan senyawa organik dan biokimia 6 Nopember 2010 Tes tutorial 60 menit. Dilanjutkan membahas materi  Pengenalan senyawa organik dan biokimia Mahasiswa mempelajari modul 6

6

Dasar-dasar Bioteknologi. 7 Nopember 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan. Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakukan persiapan  tes III

7

Tes tutorial III Dilanjutkan materi Peranan komponen Elektronika dalam komunikasi 20 Nopember 2010 Tes tutorial III. Dilanjutkan membahas materi Peranan komponen Elektronika dalam komunikasi Mahasiswa mempelajari modul 8 dan 9

8

Model-model pembelajaran IPA dan Kecenderungan dalam Pembelajaran IPA 21 Nopember 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                            Lais, 22 November 2010

Koordinator BBLBA                                                                                                              Tutor

Drs. Teguh Sahidan, M.Pd.                                                                                                    Emilia Contesa, S.Pd.

NIP.1959020819988031002

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

Mata Kuliah                            : Materi Dan Pembelajaran IPA SD

Semester                                  : IX (Sembilan)

SKS                                         : 3 SKS

Deskrisi singkat mata kuliah   : Matakuliah ini  menyajikan materi yang mencakup tentang Pendidikan Kehidupan Keluarga, Fluida, Adaptasi dan Evolusi, Penurunan Sifat, Pengenalan Senyawa organik dan Biokimia, Pengantar Bioteknologi, Dasar-dasar Elektronika, Model-model Pembelajaran IPA, dan Kecenderungan dalam Pembelajaran.

Kompetensi umum                  :  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu : menjelaskan anatomi dan anatomi dan fisiologi reproduksi manusia dan pendidikan keluarga sejahtera dan bahagia, menganalisisis sifat-sifat fluida statik dan fluida dinamik dengan menggunakan  mekanika partikel, menjelaskan tentang adaptasi dan evolusi, menjelaskan tentang penurunan sifat dan teori evolusi, menjelaskan sifat-sifat dan beberapa reaksi kimia senyawa organik dan biokimia, menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan, masa depan, dampak bioteknologi,serta aplikasinya dalam kehidupan manusia, menjelaskan peran komponen elektronika dalam komunikasi, menggunakan pendekatan konstruktivitas yang diterapkan pada pembelajaran IPA melalui model-model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, menguraikan kecendrungan dalam pembelajaran IPA

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model, Tutorial

Waktu

Daftar pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.2.3.4.

5.

6

7.

8.

9.

 

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan:

  1. Struktur dan fungsi system reproduksi laki-laki.
  2. Struktur dan fungsi system reproduksi wanita.
  3. Siklus menstruasi
  4. Penyimpangan-penyimpangan perilaku seksual
  5. Macam-macam penyakit seksual
  6. Kembali tujuan keluarga berencana
  7. Cara-cara pencapaian keluarga bahagia sejahtera
  8. Peranan kontrasepsi terhadap keluarga berencana
  9. Proses sosialisasi keluarga kecil bahagia sejahtera

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian fluida statis
  2. Menjelaskan tekanan dalam suatu fluida
  3. Menjelaskan prinsip pascal
  4. Menjelaskan prinsip archimedes
  5. Memberikan contoh pemahaman prinsip pascal dan prinsip archimedes dalam kehidupan sehari-hari
  6. Menjelaskan tegangan permukaan pada  zat cair
  7. Menjelaskan kapilaritas pada zat cair
  8. Menyelesaikan soal hitungan tentang fluida statis
  9. Membedakan fluida statis dan fluida dinamis
  10. Menjelaskan ciri-ciri dari suatu aliran fluida
  11. Menjelaskan aliran garis arus pada fluida
  12. Menjelaskan persaman kontinuitas
  13. Menjelaskan makna hukum bernouli
  14. Memberikan contoh penggunaan hukum bernouli dan kontinuitas dalam kehidupan sehari-hari.
  15. Menyelesaikan soal hitungan yang berhubungan dengan fluida dinamik.

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian adaptasi.
  2. Membedakan jenis-jenis adaptasi.
  3. Memberikan contoh adaptasi.
  4. Membandingkan teori evolusi Lamarck dan Darwin.
  5. Menjelaskan bukti-bukti adanya evolusi.
  6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi.
  7. Menjelaskan hubungan antara adaptasi dan evolusi.

Setelah mengikuti Tutorial mahasiswa dapat:

1. Menjelaskan pengertian kromosom

  1. 2. Menjelaskan pengertian gen.
  2. 3. Menjelaskan pengertian ADN

4. Menjelaskan hubungan antara kromosom, gen, AND, dalam kaitannya dengan penurunansifat.

5. Menjelaskan prinsip mendel dan penyimpangan semu.

6. Mengerjakan latihan penyilangan berdasarkan prinsip Mendel.

7. Menjelaskan penyimpangan hukum Mendel.

8. Memberi contoh sifat-sifat yang diturunkan

9. Memberikan contoh penerapan teori genetika dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.  Menjelaskan karakteristik senyawa karbon

2.  Menjelaskan klassifikasi senyawa organik

3.  Menjelaskan tata nama senyawa organik

4. Menjelaskan pengertian  isomerasi suatu senyawa organik

5. Menjelaskan cara mengenalkan senyawa organik bagi siswa sd

6.  Menjabarkan struktur senyawa organik

7.  Menjelaskan senyawa kimia yang terjadi pada penghancuran lemak

8.  Menjelaska macam-macam asam amino yang penting bagi nutrisi

9.  Menjelaskan peran enzim bagi tubuh dan fungsinya

10. Menjelaskan cara mengenalkan biokimia dan organisma hidup bagi siswa SD

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian bioteknologi

2. Menjelaskan perkembangan dan prospek bioteknologi

3. Menjelaskan perbedaan bioteknologi tradisional dengan bioteknologi modern

4. Menjelaskan perbedaan era bioteknologi nonmikrobiol dengan era bioteknologi mikrobiol

5. Menjelaskan keunggulan bioteknologi

6. Menjelaskan dampak negative kemajuan bioteknologi

7. Menjelaskan teknik dasar rekayasa genetic

8. Menjelaskan penerapan bioteknplogi tradisional dalam pembuatan makanan

9. Menjelaskan penerapan bioteknologi modern dalam industri makanan dan minuman

10. Menjelaskan penerapan bio teknologi dalam bidang pertanian dan perternakan

11. Menjelaskan  penerapan bio teknologi dalam kesehatan

12. Menjelaskan penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dan lingkungan hidup

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menggolongkan gelombang elektromagnetik berdasarkan perbedaan frekuensinya

2. Menjelaskan prinsip radio pemancar

3. Menjelaskan prinsip radio penerima

4. Menyebutkan contoh komponen pasif dan komponen aktif

5. Menjelaskan hal-hal tentang resistor dan kapasitor

6. Menjelaskan prinsip susunan seri dan paralel resistor

7. Menjelaskan makna bahan semikonduktor

8. Menyebutkan keuntungan menggunakan transistor

9. Menjelaskan prinsip kerja piranti dasar elektronika

10.Menjelaskan beberapa rangkaian elektronika

11.Menjelaskan prinsip pembuaatan IC

12. Menjelaskan makna dari IC.

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjabarkan definisi mengajar menurut pandangan konstruktivis
  2. Menjelaskan peran guru dalam pembelajaran ipa menurut pandangan konstruktivisme
  3. Menjelaskan pengertian model pembelajaran
  4. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasanmodel pembelajaran interaktif
  5. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  6. Menjelaskan pengertian model pembelajaran terpadu
  7. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasan model pembelajaran terpadu
  8. Menerapkan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran IPA
  9. Menjelaskan pengertian model pembelajaran siklus belajar
  10. Menerapkan model pembelajaran siklus belajar dalam pembelajaran IPA
  11. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  12. Menerapkan model pembelajaran clis dalam pembelajaran IPA .

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan cara kerja ilmuwan
  2. Mengumpulkan fakta yang relevan
  3. Membedakan observasi dan inferensi
  4. Memberi (membuat) rumusan masalah
  5. Melaporkan hasil kegiatan secara sistimatis
  6. Merancang kegiatan untuk menguji dugaan
  7. Menyimpulkan berdasarkan pola atau keteraturan
  8. Membedakan prediksi atau keteraturan
  9. Menjelaskan karakteristik pendekatan STM
  10. Menerapkan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa
  11. Membandingkan stm dan SETS
  12. Memberi contoh rancangan pembelajaran SETS.

 

Pendidikan Kehidupan Keluarga   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fluida

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adaptasi dan Evolusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penurunan Sifat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengenalan senyawa organik dan Biokimia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dasar-dasar Bioteknologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peranan Komponen Elektronika Dalam komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Model-model pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Model-model pembelajaran IPA dan kecendrungan dalam pembelajaran IPA

 

 

 

 

  1. Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia.
  2. Pendidikan Kehidupan sejahtera dan bahagia

1. Fluida statis

2. Fluida Dinamika.

1. Adaptasi.

2. Evolusi

1. Pengenalan tentang materi genetika.

2. Penurunan Sifat.

1. Senyawa organik.

2. Biokimia dalam organisme hidup.

1. Perkembangan, masa depan,dan dampak kemajaun bioteknologi.

2. Penerapan bioteknologi

1 .Radio.

2. Komponen dasar elektronika.

1. Konstruktivisme dalam pembelajaran IPA.

2. Model Pembelajaran.

1. Bekerja ilmiah dalam IPA.

2. Pendekatan pembelajaran sains (IPA) teknologi dan masyarakat/lingkungan (STM).

 

PATUT IPATUT IPATUT IPATUT I

PATUT I

PATUT I

PATUT I

 

120 Menit60 Menit60 Menit120 Menit

60 Menit

120 Menit

60 Menit

60 Menit

60 Menit

 

Sutarno, Nono, Dkk. Materi Dan Pembelajaran IPA SD2009. Jakarta. UT. 1234

5

6

7

8

8

 

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah                  : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd

Kompetensi Umum      : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan anatomi dan fisiologi reproduksi manusia dan pendidikan keluarga  sejahtera dan bahagia

Kompetensi Khusus     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan:

  1. Struktur dan fungsi system reproduksi laki-laki.
  2. Struktur dan fungsi system reproduksi wanita.
  3. Siklus menstruasi
  4. Penyimpangan-penyimpangan perilaku seksual
  5. Macam-macam penyakit seksual
  6. Kembali tujuan keluarga berencana
  7. Cara-cara pencapaian keluarga bahagia sejahtera
  8. Peranan kontrasepsi terhadap keluarga berencana
  9. Proses sosialisasi keluarga kecil bahagia sejahtera

Pokok Bahasan                        : Pendidikan Kehidupan Keluarga

Subpokok Bahasan      : 1. Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia.

2. Pendidikan Kehidupan sejahtera dan bahagia

Model Tutorial             : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Orientasi tentang matakuliah yang meliputi materi dan kegiatan tutorial, tugas-tugas dan penilaian.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya.

 

  1. Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan tutor
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 1
  3. Diskusi kelompok
  4. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
  2. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
  3. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
    1. Mahasiswa menyimpulkan materi
    2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertama
    3. Mencatat tugas yang diberikan.
    20 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

 

Mata Kuliah                 : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum      : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang Fluida

Kompetensi Khusus     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.menjelaskan pengertian fluida statis

2.menjelaskan tentang besar tekanan didalam suatu fluida

3.menjelaskan prinsip Pascal

4.menjelaskan prinsip Archimedes

5. memmberikan contoh pemanfaatan prinsip Pascal dan Archimedes dalam kehidupan sehari-hari

6. menjelaskan tegangan permukaan pada zat cair

7.menjelaskan kapilaritas pada zat cair

8.menyelesaikan soal hitungan tentang fluida statis

9.membedakan fluida statis dan fluida dinamis

10. menjelaskan ciri-ciri dari suatu aliran fluida

11.memberikan contoh penggunaan hukum Bernouli dan kontinuitas dalam kehidupan sehari-hari.

Pokok Bahasan                        : Fluida

Sub pokok Bahasan     : 1. fluida statis

2. Fluida Dinamika.

Model Tutorial             : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Membahas tugas pada pertemuan pertama.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya.

 

  1. Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan tutor
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 2
  3. Diskusi kelompok
  4. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
    1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
    2. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
      1. Mahasiswa menyimpulkan materi
      2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertama
      3. Mencatat tugas yang diberikan.
20 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah               : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor                : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang adaptasi dan evolusi

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian adaptasi.
  2. Membedakan jenis-jenis adaptasi.
  3. Memberikan contoh adaptasi.
  4. Membandingkan teori evolusi Lamarck dan Darwin.
  5. Menjelaskan bukti-bukti adanya evolusi.
  6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi.
  7. Menjelaskan hubungan antara adaptasi dan evolusi.

Pokok Bahasan           : Adaptasi dan Evolusi

Subpokok Bahasan     :  1. Adaptasi.

2. Evolusi.

Model Tutorial                       : PAT-UT. 1

 

 

 

 

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan kedua.
  2. Menjawab pertanyaan mahasiswa

 

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak penjelasan tutor dan mencatat konsep-konsep esensial

10 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 3
  1. Diskusi kelompok
  2. Tanya jawab hasil diskusi
  3. Mendengarkan penjelasan tutor
  4. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
  5. Diskusi kelompok
  6. Tanya jawab hasil diskusi

40 menit

3 Penutup 1.Meminta mahasiwa menyimpulkan materi2.Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa3.Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya Mahasiswa menyimpulkan materiBersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi pada pertemuan pertamaMencatat tugas yang diberikan. 10 menit
4 Kegiatan Tes Tes Pertama (Pendidikan Kehidupan Keluarga dan Fluida) Mengerjakan soal-soal tes pertama 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

Mata Kuliah               : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor                : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan  tentang penurunan sifat pada mahluk hidup.

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

5.1.Menjelaskan pengertian kromosom

5.2.Menjelaskan pengertian gen.

5.3.Menjelaskan pengertian ADN

5.4.Menjelaskan hubungan antara kromosom, gen, AND, dalam kaitannya dengan penurunansifat.

5.5.Menjelaskan prinsip mendel dan penyimpangan semu.

5.6.Mengerjakan latihan penyilangan berdasarkan prinsip Mendel.

5.7.Menjelaskan penyimpangan hukum Mendel.

5.8.Memberi contoh sifat-sifat yang diturunkan

5.9.memberikan contoh penerapan teori genetika dalam kehidupan sehari-hari

Pokok Bahasan           : Penurunan Sifat

Subpokok Bahasan     : 1. Pengenalan tentang materi genetika.

2. Penurunan Sifat

Model Tutorial                       : PAT-UT. 1

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan ketiga.
  2. Menjawab pertanyaan mahasiswa

 

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

20 menit

2 Pelaksanaan
  1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah
  2. Sajian tutor tentang modul 4
  1. Diskusi kelompok
  2. Tanya jawab hasil diskusi
    1. Mendengarkan penjelasan tutor
    2. Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.
    3. Diskusi kelompok
    4. Tanya jawab hasil diskusi

90 menit

3 Penutup
  1. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi
  2. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa
  3. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya
    1. Mahasiswa menyimpulkan materi
    2. Bersama tutor mahasiswa menyimpulkan materi
    3. Mencatat tugas yang diberikan.
10 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum   : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan  tentang Pengenalan Senyawa

Organik dan Biokimia

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1.  menjelaskan karakteristik senyawa karbon

2.  menjelaskan klassifikasi senyawa organik

3.  menjelaskan tata nama senyawa organik

4. menjelaskan pengertian  isomerasi suatu senyawa organik

5. menjelaskan cara mengenalkan senyawa organik bagi siswa SD

6.  menjabarkan struktur senyawa organik

7.  menjelaskan senyawa kimia yang terjadi pada penghancuran lemak

8.  menjelaska macam-macam asam amino yang penting bagi nutrisi

9.  menjelaskan peran enzim bagi tubuh dan fungsinya

10. menjelaskan cara mengenalkan biokimia dan organisma hidup bagi siswa SD

Pokok Bahasan             : Pengenalan Senyawa  Organik dan Biokimia

Subpokok Bahasan       : 1. Senyawa organik.

2. Biokimia dalam organisme hidup.

.

Model Tutorial                        : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan keempat

Menjawab pertanyaan mahasiswa

  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 53. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi

  1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

4 Kegiatan Tes Tes kedua Melaksanakan soal-soal tes kedua 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum   : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan, masa depan,   dampak bioteknologi,serta aplikasinya dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian bioteknologi

2. Menjelaskan perkembangan dan prospek bioteknologi

3. Menjelaskan perbedaan bioteknologi tradisional dengan bioteknologi modern

4. Menjelaskan perbedaan era bioteknologi nonmikrobiol dengan era bioteknologi mikrobiol

5. Menjelaskan keunggulan bioteknologi

6. Menjelaskan dampak negative kemajuan bioteknologi

7. Menjelaskan teknik dasar rekayasa genetic

8. Menjelaskan penerapan bioteknplogi tradisional dalam pembuatan makanan

9. Menjelaskan penerapan bioteknologi modern dalam industri makanan dan minuman

10. Menjelaskan penerapan bio teknologi dalam bidang pertanian dan perternakan

11. Menjelaskan  penerapan bio teknologi dalam kesehatan

12. Menjelaskan penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dan lingkungan hidup

Pokok Bahasan           : Dasar-dasar Bioteknologi

Subpokok Bahasan     : 1. Perkembangan, masa depan,dan dampak kemajaun bioteknologi.

2. Penerapan bioteknologi.

Model Tutorial                          : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan kelima.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 63. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi4. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah                : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                             : 3

Semester                      : 9

Nama Tutor                 : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum     : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan peran komponen elektronika dalam komunikasi.

Kompetensi Khusus    : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Menggolongkan gelombang elektromagnetik berdasarkan perbedaan frekuensinya

2. Menjelaskan prinsip radio pemancar

3. Menjelaskan prinsip radio penerima

4. Menyebutkan contoh komponen pasif dan komponen aktif

5. Menjelaskan hal-hal tentang resistor dan kapasitor

6. Menjelaskan prinsip susunan seri dan paralel resistor

7. Menjelaskan makna bahan semikonduktor

8. Menyebutkan keuntungan menggunakan transistor

9. Menjelaskan prinsip kerja piranti dasar elektronika

10.Menjelaskan beberapa rangkaian elektronika

11.Menjelaskan prinsip pembuaatan IC

12. Menjelaskan makna dari IC.

Pokok Bahasan           : Peranan Komponen Elektronika Dalam komunikasi

Subpokok Bahasan     : 1 .Radio.

2. Komponen dasar elektronika.

Model Tutorial                        : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan keempat.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
  2. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 73. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi

  1. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

4 Kegiatan Tes Tes ketiga Melaksanakan soal-soal tes kedua 60 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL

 

 

Mata Kuliah              : Materi dan Pembelajaran IPA SD

SKS                            : 3

Semester                     : 9

Nama Tutor               : Emilia Contesa, S.Pd.

Kompetensi Umum  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan pendekatan konstruktivitas yang diterapkan pada pembelajaran IPA melalui model-model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, menguraikan kecendrungan dalam pembelajaran IPA.

Kompetensi Khusus  : Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menjabarkan definisi mengajar menurut pandangan konstruktivis
  2. Menjelaskan peran guru dalam pembelajaran ipa menurut pandangan konstruktivisme
  3. Menjelaskan pengertian model pembelajaran
  4. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasanmodel pembelajaran interaktif
  5. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  6. Menjelaskan pengertian model pembelajaran terpadu
  7. Menjelaskan kelebihan dan keterbatasan model pembelajaran terpadu
  8. Menerapkan model pembelajaran terpadu dalam pembelajaran IPA
  9. Menjelaskan pengertian model pembelajaran siklus belajar
  10. Menerapkan model pembelajaran siklus belajar dalam pembelajaran IPA
  11. Menerapkan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA
  12. Menerapkan model pembelajaran clis dalam pembelajaran IPA
  13. Menjelaskan cara kerja ilmuwan
  14. Mengumpulkan fakta yang relevan
  15. Membedakan observasi dan inferensi
  16. Memberi (membuat) rumusan masalah
  17. Melaporkan hasil kegiatan secara sistimatis
  18. Merancang kegiatan untuk menguji dugaan
  19. Menyimpulkan berdasarkan pola atau keteraturan
  20. Membedakan prediksi atau keteraturan
  21. Menjelaskan karakteristik pendekatan STM
  22. Menerapkan pendekatan stm dalam pembelajaran ipa
  23. Membandingkan stm dan SETS.
  24. Memberi contoh rancangan pembelajaran SETS.

Pokok Bahasan           : Model-model pembelajaran IPA dan kecendrungan dalam pembelajaran IPA.

Subpokok Bahasan     :

  1. Konstruktivisme dalam pembelajaran IPA
  2. model pembelajaran.
  3. Bekerja ilmiah dalam IPA.
  4. Pendekatan pembelajaran Sains (IPA) Teknologi dan Masyarakat/lingkungan (STM).

Model Tutorial                          : PATUT I

NO

TAHAP

KEGIATAN

RINCIAN KEGIATAN

ESTIMASI WAKTU

KET.

TUTOR

MAHASISWA

1 Persiapan 1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang tugas pada pertemuan ketujuh.2. Menjawab pertanyaan mahasiswa
  1. Mengajukan pertanyaan atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada tutor.
    1. Menyimak dan mencatak konsep-konsep yang esensial

30

23 PelaksanaanPenutup 1. Menjelaskan TIU dan TIK dari matakuliah2. Sajian tutor tentang modul 8 dan 93. Meminta mahasiwa menyimpulkan materi4. Melengkapi kesimpulan yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Meminta mahasiswa untuk mengerjakan tes formatif yang ada di BMP dan membaca modul selanjutnya

Memperhatikan dan mencatat konsep-konsep esensial dari materi yang dijelaskan.Diskusi kelompokBersama tutor mahsiswa menyimpulkan materi 

30 menit

Lais,     Oktober 2010

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

Catatan Pertemuan Tutorial

 

 

Kode Matakuliah      : PDGK 4403                                                                                      Semester                      : IX (Sembilan)

Judul Matakuliah      : Materi dan Pembelajaran IPA SD                                                    Lokasi                         : Lais

Tutor                         : Emilia Contesa, S.Pd.                                                                        Kode Kelas                : A, B dan C

RAT-SAT

Tanggal

Catatan Kegiatan

Untuk ditindaklanjuti

Paraf

Perte-muan ke

Materi

Tutor

Penanggug jawab Pokjar

1

Pendidikan kehidupan berkeluarga 23 Oktober 2010 Mahasiswa menyimak, bertanya, dan pada akhir pertemuan mahasiswa ditugaskan mengerjakan latihan pada modul I. Mahasiswa mengerjakan latihan dan membaca modul 2.

2

Fluida Adaptasi dan Evolusi. 23 Oktober 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan. Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakuakan persiapan  tes I

3

Tes tutorial I. Dilanjutkan materi Adaptasi dan Evolusi 30 Oktober 2010 Tes tutorial 60 menit dilanjutkan membahas materi Adaptasi dan Evolusi . Mahasiswa mempelajari modul 4

4

Penurunan sifat. 31 Oktober 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakuakan persiapan  tes II

5

Tes tutorial II Dilanjutkan materi Pengenalan senyawa organik dan biokimia 6 Nopember 2010 Tes tutorial 60 menit. Dilanjutkan membahas materi  Pengenalan senyawa organik dan biokimia Mahasiswa mempelajari modul 6

6

Dasar-dasar Bioteknologi. 7 Nopember 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab dan diberikan latihan. Mahasiswa mengerjakan latihan dan melakukan persiapan  tes III

7

Tes tutorial III Dilanjutkan materi Peranan komponen Elektronika dalam komunikasi 20 Nopember 2010 Tes tutorial III. Dilanjutkan membahas materi Peranan komponen Elektronika dalam komunikasi Mahasiswa mempelajari modul 8 dan 9

8

Model-model pembelajaran IPA dan Kecenderungan dalam Pembelajaran IPA 21 Nopember 2010 Mahasiswa mendengarkan penjelasan tutor kemudian diadakan diskusi, Tanya jawab

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                            Lais, 22 November 2010

Koordinator BBLBA                                                                                                              Tutor

Drs. Teguh Sahidan, M.Pd.                                                                                                    Emilia Contesa, S.Pd.

NIP.1959020819988031002

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: