Pembelajaran kelas rangkap

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap Semester                                  : V SKS                                             : 2 SKS Deskrisi singkat mata kuliah   : Membahas tentang Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap, Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap, Pengorganisasian Kelas, Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Penyusunan Rencana Pembelajaran.Kompetensi umum                  : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR, Mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap, mengorganisasikan kelas, memanfaatkan lingkungan ssebagai sumber belajar, menyusun rencana PKR, dan menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam PKR.

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model, Tutorial

Waktu

Daftar pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.2.3. 4. 5. 6. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR.Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR, menerapkan aneka model pengelolaan PKR din SD, menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR, menerapkan prosedur dasar PKR dan menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan pembelajaran PKR. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan kerja samadengan sekolah lain dan guru-guru, menciptakan sekolah dan lingkungannya sebagai sumber belajar. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan pentingnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, bagi seorang guru PKR, menjelaskan pengertian keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, menjelaskan komponen-komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, memberi contoh setiap komponen keterampilan, mengidentifikasi munculnya komponen-komponen keterampilan dalam PKR dan menerapkan setiap komponen keterampilan dalam praktik PKR. Hakikat Pembelajaran Kelas RangkapModel Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap.Pengorganisasian Kelas Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Penyusunan rencana Pembelajaran Kelas Rangkap. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap. 1.1. Hakikat dan  Pembelajaran Kelas Rangkap.1.2. Gambaran PKR yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan.2.1.  Prinsip dan model pengelolaan PKR. 2.2.  Prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR 2.3.  Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR. 3.1. Penataan Ruang Kelas. 3.2. Pengorganisasian Murid. 3.3. Disiplin Kelas. 4.1. Sekolah dan rekan sejawat sebagai Sumber. 4.2. Sekolah dan lingkungan sebagai sumber. 4.3. Lingkungan sebagai sumber belajar. 5.1. Analisisstruktur kurikulum SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap. 5.2. Perumusan indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaan kelas rangkap. 6.1. Hakikat keterampilanmengajar kelompok kecil dan perseorangan. 6.2. Komponen Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. 6.3. Penerapan Keterampilan mengajar kelompok kecilmdan perseorangan. PATUT IPATUT IPATUT I PATUT I PATUT I PATUT I 60 Menit60 Menit60 Menit 60 Menit 120 Menit 120 Menit Djalil, Aria, dkk. 2010. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT. 112 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: