Rat Sat Pembelajaran Kelas Rangkap

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  : V

SKS                                         : 2 SKS

Deskrisi singkat mata kuliah   : Membahas tentang Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap, Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap, Pengorganisasian Kelas, Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Penyusunan Rencana Pembelajaran.

Kompetensi umum                  : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR, Mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap, mengorganisasikan kelas, memanfaatkan lingkungan ssebagai sumber belajar, menyusun rencana PKR, dan menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam PKR.

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model, Tutorial

Waktu

Daftar pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.2.

3.

4.

5.

6.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR.Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR, menerapkan aneka model pengelolaan PKR din SD, menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR, menerapkan prosedur dasar PKR dan menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan pembelajaran PKR.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan kerja samadengan sekolah lain dan guru-guru, menciptakan sekolah dan lingkungannya sebagai sumber belajar.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan pentingnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, bagi seorang guru PKR, menjelaskan pengertian keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, menjelaskan komponen-komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, memberi contoh setiap komponen keterampilan, mengidentifikasi munculnya komponen-komponen keterampilan dalam PKR dan menerapkan setiap komponen keterampilan dalam praktik PKR.

 

Hakikat Pembelajaran Kelas RangkapModel Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap.

Pengorganisasian Kelas

Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Penyusunan rencana Pembelajaran Kelas Rangkap.

Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap.

1.1. Hakikat dan  Pembelajaran Kelas Rangkap.1.2. Gambaran PKR yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan.

2.1.  Prinsip dan model pengelolaan PKR.

2.2.  Prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR

2.3.  Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR.

3.1. Penataan Ruang Kelas.

3.2. Pengorganisasian Murid.

3.3. Disiplin Kelas.

4.1. Sekolah dan rekan sejawat sebagai Sumber.

4.2. Sekolah dan lingkungan sebagai sumber.

4.3. Lingkungan sebagai sumber belajar.

5.1. Analisisstruktur kurikulum SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap.

5.2. Perumusan indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaan kelas rangkap.

6.1. Hakikat keterampilanmengajar kelompok kecil dan

perseorangan.

6.2. Komponen Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

6.3. Penerapan Keterampilan mengajar kelompok kecilmdan perseorangan.

 

PATUT IPATUT I

PATUT I

PATUT I

PATUT I

PATUT I

 

60 Menit60 Menit

60 Menit

60 Menit

120 Menit

120 Menit

 

Djalil, Aria, dkk. 2010. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT. 11

2

2

3

4

 

 

 

 

                                                                                                                                                          Lais, 6 Maret 2011

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  : V

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR, Mengembangkan model pengelolaan    dan pembelajaran kelas rangkap

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan Setelah mengikuti mata kuliah             ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR, menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR, menerapkan aneka model pengelolaan PKR din SD, menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR, menerapkan prosedur dasar PKR dan menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.

Pokok Bahasan                       : Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap dan Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap.

Sub Pokok Bahasan                :

a. Hakikat dan  Pembelajaran Kelas Rangkap.

b. Gambaran PKR yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan.

c. Prinsip dan model pengelolaan PKR.

d. Prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR

e. Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR.

Model Tutorial                        : PATUT I

Pertemuan Ke                         : I

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok. 20 menit Modul
Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan. 80 menit Modul
Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

Lais,   Maret  2011

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

Satuan Acara Tutorial

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  : V

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengorganisasikan kelas, memanfaatkan lingkungan sebagai        sumber belajar.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu: melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan pembelajaran PKR dan melakukan kerja sama dengan sekolah lain dan guru-guru, menciptakan sekolah dan lingkungannya sebagai sumber belajar.

Pokok Bahasan                       : Pengorganisasian Kelas dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Sub Pokok Bahasan                : a. Penataan Ruang Kelas.

b. Pengorganisasian Murid.

c. Disiplin Kelas.

d. Sekolah dan rekan sejawat sebagai Sumber.

e. Sekolah dan lingkungan sebagai sumber.

f. Lingkungan sebagai sumber belajar.

Model Tutorial                        : PATUT 1

Pertemuan Ke                         : II

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok. 20 menit Modul
Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.

-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan. 80 menit Modul
Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

Lais,  Maret 2011

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

Satuan Acara Tutorial

 

Mata Kuliah                            :  Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  :  V

SKS                                         :  2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun rencana PKR.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karakteristik kurikulum tingkat    satuan pendidikan (KTSP) SD.

Pokok Bahasan                       : Penyusunan rencana Pembelajaran Kelas Rangkap.

Sub Pokok Bahasan                : a. Analisisstruktur kurikulum SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap.

b. Perumusan indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaan kelas rangkap

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : III

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok.

20 menit

Modul

Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan.

80 menit

modul

Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami

20 menit

Modul

Lais,  Maret 2011                                                                                                                                                                                                                                            Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  : V

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam PKR.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan pentingnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, bagi seorang guru PKR, menjelaskan pengertian keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, menjelaskan komponen-komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, memberi contoh setiap komponen keterampilan, mengidentifikasi munculnya komponen-komponen keterampilan dalam PKR dan menerapkan setiap komponen keterampilan dalam praktik PKR.

Pokok Bahasan                       : Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap

Sub Pokok Bahasan                : a. . Hakikat keterampilanmengajar kelompok kecil dan perseorangan.

b. Komponen Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

c. Penerapan Keterampilan mengajar kelompok kecilmdan perseorangan.

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : IV

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok.

20 menit

Modul

Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan. 80 menit Modul
Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

Lais, Maret 2011

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Kelas Rangkap

Semester                                  : III

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam hal PKR.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam hal PKR di sekolah.

Pokok Bahasan                       : Simulasi pembelajaran kelas rangkap.

Sub Pokok Bahasan                : Simulasi pembelajaran kelas rangkap.

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : V, VI, VII DAN VIII

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-

-          Mendengarkan dan menjawab 

20 menit

Modul

Pelaksanaan -          Membimbing mahasiswa melakukan simulasi pembelajaran kelas rangkap-          Mengamati mahasiswa melakukan simulasi pembelajaran

 

-          Melakukan simulasi pembelajaran kelas rangkap

80 menit

Modul

Penutupan -          Refleksi  -          Menyimak dan bertanya

20 menit

Modul

Lais, Maret  2011

Tutor

Emilia Contesa, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: