Pembelajaran Terpadu

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         : 2 SKS

Deskrisi singkat mata kuliah   : Membahas tentang konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu, prosedur umum pembelajaran terpadu, keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu, perancangan pembelajaran terpadu, penilaian dalam pembelajaran terpadu dan praktek pembelajaran terpadu.

 

Kompetensi umum                  : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan model-model pembelajaran terpadu, menjelaskan prosedur umum pembelajaran terpadu  di SD, menerapkan komponen-komponen keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu di SD, menyusun rancangan pembelajaran terpadu, mengembangkan alat evaluasi dalam pembelajaran terpadu dan mempraktekkan pembelajaran terpadu.

 

Tutor                                       : Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model, Tutorial

Waktu

Daftar pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan model-model pembela-jaran terpadu.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prosedur umum pembelajaran terpadu.

 

 

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu komponen-komponen keterampilan dasar mengajar dalam  pembelajaran terpadu.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun rancangan pembelajaran terpadu

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan alat evaluasi dalam pembelajaran terpadu

 

 

 

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mempraktekkan pem-belajaran terpadu

 

 

Konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu

 

 

Prosedur umum pembelajaran terpadu

 

 

 

 

 

Keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu

 

Perancangan pembelajaran

terpadu

 

 

 

Penilaian dalam pembelajaran terpadu

 

 

 

 

 

 

Praktek pembelajaran terpadu.

1.1.    Konsep dasar pembe-lajaran terpadu.

1.2.    Model-model pembe-lajaran terpadu.

 

 

2.1.  Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu.

2.2.  Kegiatan inti dalam pembelajaran terpadu.

2.3.  Kegiatan akhir dan tindak lanjut dalam pembelajaran terpadu.

3.1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu.

3.2. Keterampilan menjelas-kan dan bertanya dalam pembelajaran terpadu.

3.3. Keterampilan memberi penguatan dan variasi dalam pembelajaran terpadu.

 

 

4.1. Tahapan perancangan pembelajaran terpadu.

4.2. Silabus dan satuan pembelajaran terpadu.

 

 

5.1. Konsep, prinsip dan sasaran penilaian dalam pembelajaran terpadu.

5.2. Prosedur pengembangan dan format penilaian pembelajaran terpadu di SD

 

 

6.1. Praktek merancang pembelajaran terpadu di SD

6.2. praktek pelaksanan pem-belajaran terpadu di SD

Diskusi

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

Praktek

 

 

 

 

120 Menit

 

 

 

 

 

120 Menit

 

 

 

 

 

 

 

120 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120 Menit

 

 

 

 

 

120 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

120 Menit

 

 

Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT. 1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan model-model pembelajaran terpadu.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan:

  1. Pengertian pembelajaran terpadu.
  2. Karakteristik pembelajaran terpadu.
  3. Landasan yang mendasari lahirnya pembelajaran terpadu.
  4. Fungsi dan prinsip pembelajaran terpadu.
  5. Beragam model pembelajaran terpadu.

 

 

Pokok Bahasan                       : Konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu

Sub Pokok Bahasan                : a. Konsep dasar pembelajaran terpadu.

b. Model-model pembelajaran terpadu.

 

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : I

 

Tutor                                       : Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa

-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok. 20 menit Modul
Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.

-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan. 80 menit Modul
Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.

-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prosedur umum pembelajaran terpadu.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan makna kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu.
  2. Memberikan contoh bentuk-bentuk kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu.
  3. Menjelaskan makna kegiatan inti dalam pembelajaran terpadu.
  4. Memberikan contoh bentuk kegiatan inti dalam pembelajaran terpadu.
  5. Menjelaskan makna kegiatan akhir dan tindak lanjut dalam pembelajaran terpadu.
  6. Memberikan contoh bentuk-bentuk kegiatan akhir dan tindak lanjut dalam pembelajaran terpadu.

 

Pokok Bahasan                       : Prosedur umum pembelajaran terpadu

Sub Pokok Bahasan                : a.  Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu.

b.  Kegiatan inti dalam pembelajaran terpadu.

c.  Kegiatan akhir dan tindak lanjut dalam pembelajaran terpadu.

 

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : II

 

Tutor                                       : Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa

-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok. 20 menit Modul
 

Pelaksanaan

 

-          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.

-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

 

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan.

 

80 menit

 

Modul

Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.

-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            :  Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         :  2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu komponen-komponen keterampilan dasar mengajar dalam                                                                        pembelajaran terpadu.

Kompetensi Khusus                :  Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan prisip penggunaan keteram[pilan membuka dan menutup pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
  2. Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan prinsip penggunaan keterampilan bertanya  dan menjelaskan dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
  3. Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan prinsip-prinsip penggunaan keterampilan memberi penguatan dan mengadakan variasi dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar.

 

Pokok Bahasan                       : Keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu.

Sub Pokok Bahasan                : a. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu.

b. Keterampilan menjelaskan dan bertanya dalam pembelajaran terpadu.

c. Keterampilan memberi penguatan dan variasi dalam pembelajaran terpadu.

 

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : IV

 

Tutor                                       : Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu

Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa

-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok.

20 menit

Modul

Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.

-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan.

80 menit

modul

Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.

-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami

20 menit

Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun rancangan pembelajaran terpadu.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu. a.

  1. Menjelaskan kompetensi lulusan dan struktur kurikulum sekolah dasar sebagai dasar pijakan pelaksanaan pembelajaran terpadu.
  2. Menjelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam merancang pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
  3. Memilih tema-tema pemersatu yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu.
  4. Memetakan keterhubungan kompetensi dasar setiap mata pelajaran dengan tema pemersatu pembelajaran terpadu.
  5. Menyusun silabus pembelajaran terpadu berdasarkan hasil pemetaan keterhubungan kompetensi dasar setiap mata pelajaran dengan tema pemersatu.
  6. Menyusun satuan pembelajaran tepadu berdasarkan silabus yang telah dikembangkan

 

Pokok Bahasan                       : Perancangan pembelajaran terpadu

Sub Pokok Bahasan                : a. Tahapan perancangan pembelajaran terpadu.

b. Silabus dan satuan pembelajaran terpadu.

 

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Pertemuan Ke                         : VI

 

Tutor                                       : Emilia Contesa, S.Pd.

 

 

Tahapan kegiatan

PERINCIAN KEGIATAN

Waktu Media

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan -          Memeriksa kesiapan mahasiswa

-          Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran

-          Meyampaiakan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Menjelaskan tujuan pertemuan bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.

-          Membagikan bahan diskusi.

-          Mendengarkan dan mencatat, kemudian berdiskusi dalam kelompok.

20 menit

Modul

Pelaksanaan -          Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok dan membuat rangkuman hasil diskusi.

-          Masing-masing kelompok mempresentasikan secara pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab pertanyaan.

-          Tutor memberikan koreksi dan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

-          Melakukan diskusi, mempresentasikan dan mempraktekkan. 80 menit Modul
Penutupan -          Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.

-          Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi.

-          Meminta setiap mahasiswa membuat rumusan topik.

-          Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.

-          Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.

-          Menyimak, bertanya dan menaggapi tentang hal-hal yang belum dipahami 20 menit Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satuan Acara Tutorial

 

 

Mata Kuliah                            : Pembelajaran Terpadu di SD

SKS                                         : 2 SKS

Kompetensi Umum                 : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan alat evaluasi dalam pembelajaran terpadu.

Kompetensi Khusus                : Setelah mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Konsep penilaian dalam pembelajaran terpadu.
  2. Prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran terpadu.
  3. Sasaran penilaian dalam pembelajaran terpadu.
  4. Langkah-langkah penilaian dalam pembelajaran terpadu
  5. Bentuk alat penilaian dalam pembelajaran terpadu

 

Pokok Bahasan                       : Penilaian dalam pembelajaran terpadu

Sub Pokok Bahasan                : a. Konsep, prinsip dan sasaran penilaian dalam pembelajaran terpadu.

b. Prosedur pengembangan dan format penilaian pembelajaran terpadu di SD.

 

Model Tutorial                        : Diskusi Kelompok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: